Kamis, 27 September 2018

Mau speaking dulu atau grammar dulu yaa...?

Belajar Bahasa Ingris kata orang sulit, ada yang bilang grammar itu tidak penting, speaking tidak perlu grammar. Ada juga di antara, "kawan kawan yang bertanya, bagusnya belajar speaking dulu atau grammar dulu?"

Sebenarnya semua penyataan dan pertanyaan tadi tidak ada yang salah. Faktanya, dalam berbicara atau speaking atau spoken english, seseorang perlu merangkai kata dalam pola tertentu sehingga dapat dipahami maksud/ide/maknanya. Bedanya adalah bahwa dalam spoken english seseorang tidak perlu menggunakan tata bahasa atau grammar yang rumit-rumit, artinya bahwa yang mereka gunakan adalah tata bahasa sederhana atau simple grammar yang umum disebut General English yang mudah dipelajari dalam waktu yang tidak begitu lama, cukup beberapa hari saja kemudian langsung praktek dan banyak membaca teks english agar grammernya nambah.

Nah, dalam urusan-urusan yang agak resmi atau keperluan akademis, penterjemahan teks-teks atau artikel-artikel tertentu atau dalam membuat karya tulis yang baik tentu kita perlu meng-upgrade grammar. Penguasaan grammar dan kaedah-kaedah bahasa yang baik sangat diperlukan dalam tatanan bahasa yang sedikit resmi. Kita akan sering berhadapan dengan macam-macam klausa, macam-macam struktur kalimat dapat kita temukan. Pada kondisi inilah kita akan membutuhkan grammar skill pada level intermediate hingga advanced.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar