Kamis, 27 September 2018

Modal dasar bahasa Inggris, Simple/General English

Simple Grammar merupakan tatabahasa sederhana yang digunakan dalam percakapan umum dan tulisan-tulisan sederhana, yang umum disebut General English, mudah dimengerti dan dipahami. Sebagai dasar dalam penguasaan bahasa Ingris, simple grammar mutlak dimiliki oleh para newbi, new comer atau pemula-pemula yang baru belajar bahasa Ingris. Mustahil sesorang dapat berbicara, ngobrol atau chatting dalam bahasa Ingris jika tidak menguasai Simple Grammar. 

Kesalahan dalam grammar dapat menyebabkan salah pengertian meskipun dalam hal yang sangat sederhana. misalnya ketika kita bercerita masa lampau namun kita salah dalam menggunakan verb tense dapat menyebabkan salah persepsi dalam waktu, salah memilih kata ganti juga akan menyebakan salah persepsi siapa/apa pelaku, milik siapa ataupun siapa atau apa yang jadi objek dalam pembicaraan

Dalam Simple Grammar ataupun General English hanya tiga hal yang wajib kita kuasai, yaitu:
1.    Jenis Kata : 
Jenis-jenis kata yang penting dikuasai, dalam bahasa Ingris, disebut dengan Part of Speech, yaitu :
·      Kata Benda (Noun)
·      Kata Ganti (Pronoun)
·      Kata Kerja (Verb)
·      Kata Depan (Preposition)
·      Kata Sambung (Conjunction)
·      Kata Sifat (Adjective)
·      Kata Keterangan baik keterangan waktu (adverb of time), Keterangan tempat (adverb of place), keterangan bagaimana suatu pekerjaan dilakukan atau persitiwa terjadi (adverb of manner), dll.
·      Kata Seru (interjection)

2.    Tenses
Tenses adalah bentuk-bentuk  kata kerja berdasarkan waktu, satu kata kerja (verb) dapat berubah berdasarkan waktu, masa lampau (past), sekarang (present) dan masa depan (future), misalnya go/goes (present), went (past), gone (perfect), will go (masa depan/rencana/future).

3.   Struktur kalimat, kalimat aktif dan kalimat pasif (Passive Voice)
Struktur kalimat adalah susunan dua kata atau lebih sehingga susunan kata tersebut memiliki makna atau dapat dipahami. Komposisi minimum adalah S + Prediket (verb) +- Objek +- Keterangan (adverb).

3.    Pronounciation atau pengucapan
Cara pengucapan dalam bahasa ingris juga penting dikuasai sehingga apa yang disampaikan dapat dipahami orang lain secara instan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar