Rabu, 28 Mei 2014

Ring of Fire, Cincin Api

Gambar 1. Batas lempeng-lempeng tektonik dan sebaran gunung api. (gambar dari internet)


Ring of fire atau cincin api merupakan suatu jalur di muka bumi dimana di area tersebut terdapat sejumlah besar gunung api aktif dan kejadian-kejadian gempa bumi sebagai hasil dari aktifitas tektonik atau pergerakan lempeng-lempeng tektonik di muka bumi (gambar 1). Sebagai area yang sangat dipengaruhi oleh aktifitas tektonik maka daerah ini merupakan daerah rawan gempa bumi dan mayoritas gempa-gempa merusak terjadi disempanjang jalur ini. Terdapat dua Jalur cincin api atau ring of firer di muka bumi, yaitu Circum Pacific Ring of Fire dan Circum Mediterranea Ring of Fire. 

Gambar 2. Ring of Fire, Cincin api Sircum Pasific dan Mediterania

Gambar 3. Cincin api Sirkum Pasifik, di sekeliling Samudera Pasifik.
  1. Circum Pasific Ring of Fire (Cincin api lingkar Pasifik),  jalur di sepanjang batas pertemuan lempeng Samudaera Pasific dengan Benua Amerika Utara dan Selatan di Sisi Timur dan Benua Eropa-Asia (Eurasi di sisi Barat). 90% gempabumi dan 81% gempabumi besar terjadi pada jalur ini. Gunung api di Indonesia Timur yaitu Sulawesi hingga Maluku termasuk bagian dari sirkum pasifik.
  2. Circum Mediterranea Ring of Fire  (Cincin api lingkar Mediterania), jalur ini berada disepanjang sabuk Alpid (Alpide belt), Asia-Eropa, yang terbentang dari Jawa-Sumatera, pegunungan Himalaya, Mediterania hingga Pematang Atlantik (Mid-Atlantic Ridge, atau Mid Oceanic Ridge of Atalntic). 5–6% gempabumi and 17% gempabumi besar duni terjadi pada jalur ini. Merupakan hasil dari :
    1. subduksi Lempeng Hindia-Australia dengan Lempeng Benua Eurasia (Eropa Asia), membentuk jajaran pegunungan  dan gunung api di Selatan Indonesia hinga Sumatera.
    2. Kolisi (Collision) Benua India dengan Asia, membentuk Pegunugan Himalaya
    3. Complex Tectonic Boundaries of Mediterranean Sea, yang merupakan batas pertemuan lempeng Benua Afrika dengan Benua Eropa, membentuk pegunungan vulkanik Appennini di Italia dan Alps di Peracis, Swis dan Austria. Pada wilayah ini terbentuk beberapa gunung api  terkenal diantaranya Gunung Etna dan Gunung Vesuvius.

Gambar 4. Sabuk Alpid (Alpide belt), membentang dari Jawa, Sumatera, Asia Tenggara, Pegunungan Himalaya hingga Mediterania.

disarikan dari berbagai sumber..

(ysr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar