Minggu, 11 Mei 2014

OPTIMASI ANDROID UNTUK KEBENCANAAN


Kemajuan teknologi saat ini sangat memberi kemudahan dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan. Jaringan komunikasi satelit, selular, radio televisi semakin mudah diakses. Kemajuan-kemajuan tersebut selain diiringi dengan harga yang semakin mudah dijangkau dengan fitur-fitur yang lengkap dan menjanjikan.

Sebelum kemunculan android dipasara para pengguna gadget, aplikasi-aplikasi pemetaan dalam hal ini GPS dan software  pemetaan masih dikuasai fendor-fendor besar seperti GARMIN, MAGELLAN, ARCGIS dan sebagainya, namun saat ini dengan perkembangan teknologi dan software yang dapat dijangkau oleh konsumen umum di level menengah ke bawah, aplikasi pemetaan tidak lagi menjadi dominasi vendor-vendor di atas bahkan penggunanyapun sudah menjangkau khalak umum yang bahkan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan pemetaan dan survey. ditambah dengan banyaknya sofware gratisan untuk pemetaan seperti adanya QuantumGIS, penggabungan Andorid dengan QGIS akan sangat membantu pekerjaan dalam pembuatan peta-peta umum maupun tematik termasuk peta bencana.

Gadget-gadget android yang saat ini beredar di pasaran pada level menengah ke atas umumnya telah dilengkapi dengan fitur GPS, Kompas dijital,  sensor getar (akselerometer) dan kemiringan (Gyro), sehingga dapat digunakan untuk melakukan pemetaan, survey bahkan untuk tujuan-tujuan lebih teknis seperti mengukur kuat getar (getaran umum dan gempabumi), perubahan kemiringan suatu objek dan sebagainya. Lebih lanjut, gadget andorid andoid juga dapat digunakan untuk survey gerakan tanah.

Pada kesempatan berikutnya, pada bolog ini akan saya juga  tampilkan juga beberapa aplikasi android terbaik yang dapat digunakan untuk pemetaan dan survey.

Pemetaan Android Dengan GPS ESSENTIALS bagian 4 (Bekerja dengan Dashboard)


Nantikan Video tutorial : Survey daerah terdampak bencana  dan pelaporan dengan android
https://www.youtube.com/playlist?list=PLHcBPhCzIuoll-a2xruA0_Y1NLBzICzEv

(ysr)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar