Selasa, 06 September 2016

Cepat Kaya dengan Recycle Emas Limbah Elektronik?

aGak keluar dari mainstream blog ini,tapi sebenarnya saya ingin mengkaitkan dampaknya terhadap lingkungan dibandngkan keuntungan yang dapat diperoleh.

Limbah elektronik umumnya dikategorikan sebagai limbah berbahaya yang memerlukan perlakuan khusus. Barang elektronik umumnya terbuat dari bahan bukan organik yang tidak akan terurai secara alamiah. Terdiri dari berbagai unsur logam hingga bahan kimia plastik, perpaduan logam dengan logam untuk tujuan tertentu, persenyawaan logam dengan non logam, atau persenyawaan kimia untuk karakteristik tertentu pada komponen-komponennya. Sederhananya, sampah elektronik adalah tumpukan limbah logam dan limbah kimia secara bersamaan.

Seluruh logam kecuali logam mulia (emas, perak, platinum dll) dapat teroksidasi atau bereaksi dengan senyawa kimia tertentu sehingga membentuk logam-logam oksida atau senyawa-senyawa logam yang umumnya bersifat racun. Oleh karena itu limbah elektronik perlu penanganan khusus, yaitu daur ulang.

Proses daur ulang sebainya dilakukan dalam skala masal yang memperhatikan aspek-aspek teknis dan lingkungan. Namun demikian ada kelompok-kelompok orang atau individu yang melakukan daur ulang dalam skala kecil, umumnya mereka hanya mengambil bagian-bagian bernilainya saja, umumnya logam-logam mulia seperti emas, perak, palladium, platinum, sisanya mereka jual kembali tetap berupa limbah elektronik baik yang yang tidak disortir ataupun yang sudah mereka sortir berdasarkan jenis bahan hingga berdasarkan jenis logam. Kelompok-kelompok atau individu ini sering disebut scrapper.

Pemisahan bagian-bagian yang bernilai ini bukanlah sebuah proses yang sederhana, melibatkan proses mekanik (umumnya manual) dan kimia. Secara mekanik, umumnya scrapper akan mencabuti jarum-jarum conector berlapis emas dan  melepaskan komponen-komponen elektronik dari PCBnya baik manual atau dengan menggunakan panas (solder atau tungku) bahkan  dengan cairan kimia tertentu yang umumnya bersifat korosif.

Setelah melakukan pengumpulan material/bahan, dilakukan pemilahan berdasarkan hasil akhir dan metode yang akan digunakan, berikut nya akan melibatkan cairan-cairan kimia tertentu. Dengan cairan-cairan kimia tersebut dilakukan pemilahan secara kimia, dengan proses pelarutan dan pengendapan, elektrolisa, electroplating ataupun electrowinning.

Tahapan-tahapan tersebut adalah proses yang beresiko, sehingga harus dilakukan di dalam fumehood, udara terbuka, jauh dari orang-orang dan binatang, jauh dari jangkauan anak kecil dan harus menggunkan safety gear seperti kacamata, masker gas, sarung tangan karet. Setelah mendapatkan bagian-bagian yang bernilai ini dan menjadikannya logam mulia yang berharga mereka harus bertangung jawab terhadap larutan kimi sisa yang dihasilkan, proses netralisasi harus dilakukan sehingga cairan sisa cukup aman untuk dibuang.


http://komponenbekas2000.blogspot.co.id/
https://www.youtube.com/watch?v=RIASM9ML9eI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar